Profil Masashi Kishimoto


Nama: Masashi Kishimoto
Tempat/tanggal Lahir: Prefektur Okayama, 8 November 1974
Golongan Darah: O
Tinggi/Berat badan: 170cm/50kg
Manga Favorit: Dragonball, Yu Yu Hakusho, Ninku, Akira, dll.
Profesi: Mangaka

Karya
1996:
Karakuri
1997: Naruto
1998: Karakuri serial
1999: Naruto serial
2010: Bench

Masashi Kishimoto (岸本斉史Kishimoto Masashi) adalah seorang mangaka Jepang. Masashi Kishimoto mulai mengembangkan bakatnya akan menggambar semenjak usia SD. sejak SD ia sangat hobi menggambar namun ia sempat melupakan hobinya tapi bakat nya tidak pernah hilang masashi teringat kembali oleh hobinya ketika ia melihat poster akira yang ada di dinding kamarnya saat itu.saat itulah ia bersemangat membuat mangaka[sebutan kartunis jepang],ia sempat di tolak oleh penerbit,tetapi ia tak putus asa dan selalu berkarya. salah satu karyanya di terbitkan di sebuah majalah bernama shonen jump edisi ke -43 november 1999.setelah sukses di komik lalu naruto di buat film dan pertama kalinya di sebuah televisi di jepang pada 03 oktober 2002,03 tahun sejak komik pertamanya. pernah 9 dikala diri terlelap Masashi Kishimoto menjadi mangaka terkenal semenjak karyanya, Naruto sukses besar baik di Jepang sendiri ataupun di negara-negara lain. Pada tahun 1999 Naruto pertama kali dipublikasikan di Shounen jump membuat Kishimoto menerima penghargaan hop step. Saudara kembar Masashi Kishimoto, Seishi Kishimoto juga merupakan seniman manga dengan karyanya yang terkenal 666 Satan
Berkat kerja kerasnya selama bertahun-tahun, Masashi Kishimoto kini bisa hidup enak dengan penghaslan jutaan yen per manga yang dihasilkan.

Mangaka yang kondang lewat Naruto ini lahir di kota Nagi, Prefektur Okayama pada tanggal 8 November, 36 tahun yang lalu. Dia juga memiliki saudara kembar bernama Seishi yang juga seorang mangaka. Mereka berdua memang memiliki minat yang besar untuk meggambar dan telah menggambar manga sejak usia kanak-kanak. Hal tersebut mengakibatkan keduanya memiliki gaya gambar yang mirip, sampai-sampai keduanya sering dituduh saling tireu. Seishi sendiri mengatakan kemiripan tersebut tak bisa dipungkiri karena mereka dipengaruhi oleh banyak hal yang sama.

Pada tahun 1995, Kishimoto-sensei mencoba mengirimkan one shot berjudul Karakuri ke Shueisha. Lewat Karakuri, tahun 1996 dia mendapatkan Hop Step Award yang menyatakan bahwa dirinya adalah mangaka pendatang baru yang menjanjikan. Tahun 1997 mangaka yan gmenyukai baseball dan main video game ini merilis versi percobaan manga Naruto dan memulai serialisasi Karakuri.

Tahun 1999, Naruto mulai diserialisasikan dalam majalah Weekly Shonen Jump. Berbeda dengan Karakuri yang kurang populer, Naruto menjadi best seller dan serialisasinya masih berlanjut hingga sekarang. Hingga November 2010, manga ini sudah mencapai jilid ke-53 dengan penjualan lebih dari 100 juta kopi di Jepang. Seperti manga laris lainnya, Naruto pun diangkat menjadi anime, dibuatkan OVA-nya, movie, novel bahkan sampai game dan berbagai merchandise. Manga ini juga diterjemahkan ke berbagai bahasa, termasuk Indonesia.

Kishimoto-sensei mengatakan bahwa saat ia menciptakan Naruto, dia memerhatikan shonen manga lainnya agar bisa menciptakan karakter yang unik. Untuk menciptakan karakter Naruto Uzumaki yang enerjik dan bandel, Kishimoto-sensei mengaku kalau salah satu faktor kuncinya Son Goku dari manga Dragonball karya Akira Toriyama.

Selain Naruto, saat ini Kishimoto-sensei tak mengerjakan manga lain. Namun, Oktober lalu dirinya sempat membuat one shot manga bertema baseball, Bench. Manga ini dibuat untuk berpartisipasi dalam proyek "Top of the Super Legend" bersama mangaka unggulan majalah Weekly Shonen Jump lainnya.